Kamis, 22 April 2010

Listrik

Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik.

  • Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu seperti elektron dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakkan gaya diantaranya.
  • Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.
Listrik memungkinkan terjadinya banyak fenomena fisika yang dikenal luas seperti Petir, Medan Listrik, dan Arus Listrik. Listrik digunakan dengan luas didalam aplikasi-aplikasi industri seperti elektronik, dan tenaga listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Pembangkit listrik dibuat dari setiap sumber energi yang ada, seperti air, angin, panas matahari, panas bumi dan sebagainya.

Listrik dapat disimpan, misalnya pada sebuah aki atau baterai. Listrik yang kecil misalnya tersimpan dalam baterai, tidak akan memberi efek setrum pada tubuh. Pada aki mobil yang besar biasanya ada sedikit efek setrum meskipun tidak terlalu besar dan berbahaya.

Listrik adalah Kebutuhan primer untuk kehidupan yang lebih baik.
Contoh dalam kehidupan sehari-hari:
Untuk memberikan daya agar bisa memfungsikan alat-alat elektronik dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk menyalakan lampu, komputer, AC, TV, kulkas, dll.

Kesimpulan:
Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif. Listrik bisa didapat dari setiap sumber energi yang ada, seperti angin, air, panas matahari, panas bumi, dll.
kegunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari: untuk memberikan energi pada barang-barang elektronik agar bisa menyala, dan memaksimalkan fungsi barang-barang elektronik tersebut.

1 komentar: